KESUKSESAN SISTEM INFORMASI DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA OLAH RAGA DAN PARIWISATA KABUPATEN BANYUASIN

Liliana Dwi, Kurnia and Hasmawaty, Hasmawaty and Linda, Atika (2019) KESUKSESAN SISTEM INFORMASI DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA OLAH RAGA DAN PARIWISATA KABUPATEN BANYUASIN. Masters thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
Bab 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (171kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (123kB)

Abstract

Kesuksesan Sistem Informasi DAPODIK perlu adanya dukungan pelayanan teknologi informasi yang berkualitas.Hasil data awal penelitian terhadap pengguna layanan DAPODIK Kabupaten Banyuasin menunjukan responden memiliki tingkat kepuasan konsumen sebesar 44,35% terhadap layanan yang diberikan. 55, 65% responden menyatakan ketidakpuasan terhadap pelayanan DAPODIK Kabupaten Banyuasin yang diberi pelayanan maka digunakanlah ITSM (Information Technology Service Management). Framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) pada fungsi service desk dapat dievaluasi untuk mengetahui tingkat kematangan (maturity) dan kemampuan (capability), serta dapat dianalisis untuk rekomendasi perbaikan layanan di masa depan. Pengukuran maturity terhadap layanan DAPODIK Kabupaten Banyuasin menggunakan layanan ITSM maturity assessment dengan pengelompokan hasil penilaian didasarkan pada ITIL Process Maturity Framework (PMF). Tingkat kemampuan (capability) diukur menggunakan standar ITIL Self-Assesment Service Desk. Hasil pengukuran menunjukan saat ini layanan service desk DAPODIK Kabupaten Banyuasin berada pada maturity level 3 yang berarti pelayanan telah jelas didefinisikan, pendokumentasian bagus, terukur, terencana dan agak terotomasi. Sedangkan tingkat kemampuan (capability) berada pada level 1 dimana hanya lulus pada pertanyaan prasyarat. Rekomendasi perbaikan yang disarankan yaitu berupa pencatatan laporan keluhan secara terstruktur dan didokumentasikan dengan jelas, pembaharuan terhadap prosedur pelaporan secara teratur dan berkelanjutan, serta peningkatan kualitas pelayanan petugas terhadap pengawasan dan pemantauan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: DAPODIK, ITSM, ITIL, Tingkat Kematangan, Tingkat Kemampuan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Users 6 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2019 03:06
Last Modified: 25 Nov 2019 03:06
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item View Item