PENGARUH PERMAINAN PLAYMAT DENGAN KETERAMPILAN MOTORIK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB-C YPAC PALEMBANG

Melindah, Melindah (2023) PENGARUH PERMAINAN PLAYMAT DENGAN KETERAMPILAN MOTORIK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB-C YPAC PALEMBANG.

[img] Text (Bab 0)
bab 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
bab 1.pdf

Download (359kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (333kB)
[img] Text (Hasil Turnitin)
hasil turnitin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Jurnal & LOA)
jurnal&loa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui pengaruh permainan playmat dengan keterampilan motorik anak tunagrahita ringan di SLB-C YPAC Palembang.Sumber data berupa data primer diperoleh dari skala permainan playmat dan keterampilan motorik. Sampel pada penelitian ini adalah anak tunagrahita usia 10 sampai 14 tahun yang masih aktif di SLB-C YPAC Palembang yang berjumlah 11 orang.Analisis data menggunakan analisis kuantitatif menggunakan one group pretest-posttest design. Berdasarkan uji hipotesis (paired sampel t-test) diperoleh rata-rata nilai keterampilan motorik pretest yakni 46,33. Sedangkan untuk nilai posttest diperoleh nilai rata-rata keterampilan motorik 68,00, nilai probabilitas atau sig. (2-tailed)=0,000 maka p < 0,05, p < 0,01. Maka terdapat perbedaan antara keterampilan motorik pada data pre-test dan post-test yang artinya ada pengaruh playmat yang sangat signifikan terhadap keterampilan motorik pada anak tunagrahita usia sepuluh sampai empat belas tahun di SLB-C YPAC Palembang. Adanya kegiatan playmat, anak menjadi lebih aktif dan bersemangat. Playmat memang efektif untuk menarik perhatian anak dalam belajar dan meningkatkan keterampilan motorik karena dianggap menarik dan mudah dilakukan serta mampu membangkitkan semangat belajar agar dapat mencapai indikator pencapaian motorik halus dan kasar anak yang telah ditargetkan.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:26
Last Modified: 11 Jun 2024 07:36
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7373

Actions (login required)

View Item View Item