RENIKA, WULAN (2023) ANALISIS KETERLAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA ( P5 ) DI SMK NEGERI 1 GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.
Text (BAB 0)
BAB 0.pdf Download (903kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (575kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (447kB) |
|
Text (ANALISIS KETERLAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA ( P5 ) DI SMK NEGERI 1 GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM)
LAPORAN HASIL_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (686kB) |
|
Text (ARTIKEL)
ARTIKEL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan hak yang wajib di dapatkan oleh suatu warga negara. Hasan et al (2013) Menyatakan bahwa Pendidikan merupakan proses kegiatan yang sangat luas cakupannya yaitu dapat dilakukan dimanapun dan kapan pun bentuk usaha yang dilakukan oleh manusia untuk mengembangkan potensi yang dimiliki ke arah perubahan yang lebih baik. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Djam’an Satori (2011: 23) mengungkapkan bahwa penelitian kualitatif dilakukan karena peneliti ingin mengeksplor fenomena-fenomena yang tidak dapat dikuantifikasikan yang bersifat deskriptif seperti proses suatu langkah kerja, formula suatu resep, pengertian-pengertian tentang suatu konsep yang beragam, karakteristik suatu barang dan jasa, gambar- gambar, gaya-gaya, tata cara suatu budaya, model fisik suatu artifak dan lain sebagainya. Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK Negeri 1 Gelumbang Kabupaten Muara Enim adalah supaya peserta didik mampu memahami dan mengenali lagu-lagu daerah sesuai dengan lingkungan budaya setempat dan dapat berfungsi sebagai bentuk kreatifitas menciptakan seni budaya tanpa melupakan kearifan lokal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Tema Kearifan Lokal dengan Judul Projek Tari Kreasi berusaha mengajarkan peserta didik untuk memahami dan memelihara kelestarian budaya daerah yang memiliki makna dan tujuan untuk diteruskan pada generasi berikutnya. Banyaknya hal yang bisa diterapkan di sekolah membuat guru dan peserta merdeka untuk berinovasi dalam menentukan lagu dan gerakan untuk tari kreasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | P5 Tema Kearifan Lokal, Projek Tari Kreasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Miss Marina Ina |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 03:47 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:47 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8033 |
Actions (login required)
View Item |