KURNIAWAN, ACHMAD (2024) ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM UPAYA PEMASARAN PRODUK BBK (BAHAN BAKAR BERKUALITAS) MELALUI APLIKASI MY PERTAMINA. Other thesis, Universitas Bina Darma.
![]() |
Text (BAB 0)
BAB 0.pdf Download (745kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DP.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text (LAPORAN HASIL)
LH_compressed (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
L.pdf Download (744kB) |
Abstract
Strategi Public Relations suatu perusahaan merupakan bagian terpenting dalam upayanya untuk mempromosikan produknya secara lebih luas ke masyarakat. Perusahaan ini menempatkan prioritas tinggi pada pembangunan hubungan sambil menerapkan strategi Public Relations. Strategi ini berupaya untuk memahami dan mempengaruhi publik atau pelanggan melalui komunikasi dan pendekatan kepada khalayak. Tujuan Public Relations adalah menyampaikan pesan dan informasi yang tepat dan akurat kepada banyak pemangku kepentingan, termasuk investor, pelanggan, media, pemerintah, pubik atau masyarakat. Masalah yang dibahasa dalam penelitian adalah Strategi Digital Marketing Public Relations Dalam Upaya Pemasaran Produk BBK Melalui Aplikasi My Pertamina. Penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif kualitatif dengan paradigma interpretif. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan melalukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu devisi Public Relation/Communication & Relations Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel. Hasil penelitian diperoleh, peneliti menemukan langkah-langkah Strategi Digital Marketing Public Relations dalam Upaya Pemasaran Produk BBK Melalui Aplikasi My Pertamina melalui teori IMC yang meliputi Periklanan yang Memanfaatkan media sosial seperti Instagram untuk meningkatkan kesadaran merek dan menarik minat konsumen, Promosi Penjualan Mengadakan program seperti “MyPertamina Tebar Hadiah” untuk meningkatkan penjualan dengan menawarkan hadiah menarik., Penjualan Pribadi Berinteraksi langsung dengan pelanggan, seperti pada perayaan Hari Pelanggan Nasional dengan membagikan suvenir dan voucher BBM. Publisitas untuk meraih loyalitas pelanggan membangun citra positif melalui siaran pers dan kegiatan TJSL, misalnya “Pertamina Dukung Perkembangan Anak Bangsa Berkualitas di Kota Palembang. Peneliti juga merujuk pada teori bauran Public Relations P.E.N.C.I.L.S yang dijelaskan oleh Thomas L. Harris, yang mencakup tahap-tahap berikut Publikasi, Event, News, Community Involvement, Inform or Image, Lobby and Negotiation dan Social Responsibility melalui strategi pendekatan ini, Pertamina Patra Niaga Sumbagsel tidak hanya berhasil mempromosikan produk, tetapi juga membangun hubungan jangka panjang yang positif dengan masyarakat dan pemangku kepentingan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Digital Marketing, Public Relations |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Miss Marina Ina |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:58 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:58 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8906 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |