PERAN ENDORSER DALAM OPTIMALISASI PROMOSI UMKM MELALUI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM DI KOTA PALEMBANG

Aquina, Salsa Melania (2024) PERAN ENDORSER DALAM OPTIMALISASI PROMOSI UMKM MELALUI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM DI KOTA PALEMBANG. Other thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (705kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (622kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DP.pdf

Download (425kB)
[img] Text (LAPORAN HASIL)
LH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
L.pdf

Download (741kB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah mendorong perkembangan budaya pemasaran, terutama dengan semakin populernya E-Commerce akibat kemajuan internet. E-Commerce memungkinkan produsen untuk terhubung langsung dengan konsumen tanpa batasan waktu dan tempat, sehingga pemasaran produk dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Hal ini juga telah mempengaruhi teknik pemasaran, termasuk penggunaan media sosial untuk fokus pada target pasar, yang menjadi solusi penting bagi UMKM dalam mengembangkan usaha mereka. Pemasaran digital, dengan bantuan endorser atau influencer, telah terbukti mampu menurunkan biaya pemasaran yang sebelumnya cukup tinggi. Dengan memanfaatkan media sosial, endorser dapat membantu mempromosikan produk atau jasa, meningkatkan jangkauan dan kesadaran merek. Strategi ini sangat relevan bagi UMKM untuk mengoptimalkan promosi produk mereka, terutama di era digital saat ini. Penelitian ini berjudul “Peran Endorser dalam Optimalisasi Promosi UMKM Melalui Sosial Media Instagram di Kota Palembang” bertujuan untuk mengkaji peran endorser dalam mengoptimalkan promosi UMKM di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan fokus penelitian pada akun Instagram @Sikonyols, lima followersnya, dan lima UMKM yang bekerja sama dengan endorser tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa endorser sangat efektif dalam meningkatkan visibilitas dan pengaruh produk UMKM. Kemampuan endorser dalam menyampaikan komunikasi yang tepat dan mempengaruhi pengikutnya berdampak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Gaya komunikasi yang efektif dan penyampaian informasi yang tepat terbukti sangat mempengaruhi jangkauan promosi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 26 Feb 2025 06:29
Last Modified: 26 Feb 2025 06:29
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8907

Actions (login required)

View Item View Item