ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE SISTEM INFORMASI PELAYANAN PERIZINAN ONLINE DPMPTSP KOTA PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

MIZAN, IMAM NADHIRAL (2025) ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE SISTEM INFORMASI PELAYANAN PERIZINAN ONLINE DPMPTSP KOTA PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0_11zon (12).pdf

Download (613kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1_11zon (9).pdf

Download (370kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DP_11zon (3).pdf

Download (50kB)
[img] Text (LAPORAN HASIL)
LH_11zon (58).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
L_11zon (5).pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi, khususnya jaringan internet, mendorong pemerintah mengadopsi e-government untuk meningkatkan akses informasi, efisiensi layanan, dan transparansi administrasi. Salah satu implementasinya adalah website layanan publik yang memungkinkan masyarakat mengakses informasi dan layanan secara digital. Keberhasilan sistem ini sangat bergantung pada kualitas layanan website dalam aspek kemudahan penggunaan, kelengkapan informasi, dan interaksi layanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode Webqual, yang terdiri dari Usability Quality, Information Quality, dan Interaction Quality, dengan pendekatan kuantitatif guna mengevaluasi kualitas layanan website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Online DPMPTSP Kota Palembang telah meningkatkan efisiensi layanan dengan mempercepat proses perizinan sesuai SOP, yaitu dalam waktu maksimal 3 hari. Implementasi sistem ini berhasil mengurangi ketergantungan pada proses manual, tetapi masih terdapat kendala dalam aksesibilitas dan pembaruan informasi pada PPID, yang dapat menghambat transparansi. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa Usability Quality, Information Quality, dan Interaction Quality secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Namun, secara parsial, hanya Information Quality dan Interaction Quality yang berpengaruh signifikan, sedangkan Usability Quality belum memberikan dampak yang kuat terhadap kepuasan pengguna. Pengembangan sistem informasi pelayanan publik harus berfokus pada peningkatan aksesibilitas, desain antarmuka yang lebih intuitif, serta pemutakhiran informasi secara berkala. Dengan optimalisasi ini, sistem dapat lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan pengguna dan meningkatkan pengalaman dalam mengakses layanan digital pemerintah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: E-Government, Webqual, Usability Quality, Information Quality, Interaction Quality, Pelayanan Perizinan Online
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 27 May 2025 04:32
Last Modified: 27 May 2025 04:32
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/9047

Actions (login required)

View Item View Item