PENGARUH MEDIA PAPER CLAY TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADAANAK AUTIS SEDANG DI PAUD INKLUSI PELITA BUNDA SAMARINDA

HUMAIRA, NABILA APSARI (2025) PENGARUH MEDIA PAPER CLAY TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADAANAK AUTIS SEDANG DI PAUD INKLUSI PELITA BUNDA SAMARINDA. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (574kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DP.pdf

Download (499kB)
[img] Text (LAPORAN HASIL)
LH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
L.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media paper clay terhadap kemampuan motorik halus anak autis sedang di PAUD Inklusi Pelita Bunda Samarinda. Motorik halus merupakan keterampilan penting yang melibatkan koordinasi antara otot kecil, saraf, dan mata dalam aktivitas seperti menggenggam, menggunting, dan membentuk. Anak autis sedang sering menghadapi kendala dalam pengembangan motorik halus akibat keterbatasan sensorik dan pola perilaku yang berulang. Media paper clay digunakan sebagai instrumen pembelajaran untuk melatih dan meningkatkan kemampuan tersebut melalui aktivitas bermain yang terstruktur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test pada 10 anak autis sedang. Data dikumpulkan melalui observasi dan penilaian kinerja motorik halus sebelum dan setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media paper clay secara signifikan meningkatkan kemampuan motorik halus anak, terutama dalam aspek kekuatan genggaman, kelenturan gerak, dan koordinasi tangan-mata

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: anak autis sedang; intervensi pendidikan; media paper clay; motorik halus; PAUD inklusi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 10 Jun 2025 07:51
Last Modified: 10 Jun 2025 07:51
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/9077

Actions (login required)

View Item View Item