HUMAIRA, NABILA APSARI (2025) PENGARUH MEDIA PAPER CLAY TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADAANAK AUTIS SEDANG DI PAUD INKLUSI PELITA BUNDA SAMARINDA. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.
![]() |
Text (BAB 0)
BAB 0.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (574kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DP.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text (LAPORAN HASIL)
LH.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
L.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media paper clay terhadap kemampuan motorik halus anak autis sedang di PAUD Inklusi Pelita Bunda Samarinda. Motorik halus merupakan keterampilan penting yang melibatkan koordinasi antara otot kecil, saraf, dan mata dalam aktivitas seperti menggenggam, menggunting, dan membentuk. Anak autis sedang sering menghadapi kendala dalam pengembangan motorik halus akibat keterbatasan sensorik dan pola perilaku yang berulang. Media paper clay digunakan sebagai instrumen pembelajaran untuk melatih dan meningkatkan kemampuan tersebut melalui aktivitas bermain yang terstruktur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test pada 10 anak autis sedang. Data dikumpulkan melalui observasi dan penilaian kinerja motorik halus sebelum dan setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media paper clay secara signifikan meningkatkan kemampuan motorik halus anak, terutama dalam aspek kekuatan genggaman, kelenturan gerak, dan koordinasi tangan-mata
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak autis sedang; intervensi pendidikan; media paper clay; motorik halus; PAUD inklusi. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
Depositing User: | Miss Marina Ina |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 07:51 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 07:51 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/9077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |