IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH (Studi Kasus : Minimarket Kharisma Palembang)

MEY, AGUSTIN and Tri Basuki, Kurniawan (2019) IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH (Studi Kasus : Minimarket Kharisma Palembang). Diploma thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
BAB 0.pdf

Download (913kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (544kB)
[img] Text
DP.pdf

Download (299kB)

Abstract

Data mining merupakan penggalian makna yang tersembunyi dari kumpulan data yang sangat besar. Minimarket kharisma merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang minimarket yang mana perusahaan ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen dan dituntut untuk mengambil keputusan tepat dalam menentukan pola penjualan. Dengan memanfaatkan data pembelian dalam database dapat memberikan informasi tentang pola pembelian konsumen pada data transaksi dengan menggunakan teknik Market Basket Analysis dalam menemukan produk yang dibeli secara bersamaan. Dari data transaksi penjualan yang kemudian diolah menggunakan Rapid Miner studio berdasarkan algoritma fp-growth yang akan menghasilkan pola pembelian. Hasil dari penggolahan data mining ini adalah dapat membantu perusahaan dalam mendapatkan pola pembelian dan jumlah barang serta menemukan hal baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Data Mining, pola pembelian, Algoritma fp-growth
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mrs Octaviana T
Date Deposited: 20 Feb 2020 08:27
Last Modified: 20 Feb 2020 08:27
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item