ANALISIS PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE SIDEMANG PALEMBANG DENGAN METODE WEBQUAL 4.0

SINDI, PUTRI (2023) ANALISIS PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE SIDEMANG PALEMBANG DENGAN METODE WEBQUAL 4.0. Diploma thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (558kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (274kB)
[img] Text (ANALISIS PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE SIDEMANG PALEMBANG DENGAN METODE WEBQUAL 4.0)
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Upload Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB)
[img] Text (Jurnal)
Artikel jurnal & LOA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di era globalisasi ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi telah berkembang pesat dan terus berkembang. Cominfo sebagai humas pemerintah yaitu sebagai model informasi program resmi atau informasi yang ingin disampaikan oleh pemerintah kepada masyarakat. SIDEMANG adalah singkatan dari Sistem Informasi Administrasi Online Warga Palembang. Dalam mengukur kepuasan pengguna terhadap suatu website, diperlukan suatu metode untuk mengetahui hasil akhir yang nantinya dapat memberikan gambaran untuk meningkatkan kualitas website tersebut. Penulis menggunakan metode WebQual 4.0 untuk melakukan penelitian. Metode Webqual 4.0 merupakan lanjutan dari metode Webqual sebelumnya yang berfokus pada pengukuran kualitas website dari sudut pandang pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner online yang dibagikan kepada pengguna website Sidemang Palembang. Sampel penelitian diambil dari total 113 responden melalui purposive random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan website Sidemang Palembang berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan analisis faktor, keramahan pengguna, informasi dan interaksi merupakan faktor utama yang mempengaruhi kualitas layanan website Sidemang Palembang. Sementara itu, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa faktor usability dan faktor kualitas interaksi memiliki pengaruh paling besar terhadap kualitas layanan website Sidemang Palembang. Namun, skor kualitas data tidak mempengaruhi kualitas layanan. Penelitian ini dapat membantu untuk meningkatkan kualitas layanan website Sidemang Palembang dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pengembangan layanan online sejenis lainnya. Kata kunci : Analisis, pengukuran, kualitas layanan, situs web, webqual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:28
Last Modified: 22 Jul 2024 08:28
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7659

Actions (login required)

View Item View Item