Pengaruh Read Aloud Terhadap Kemampuan Pra-Membaca Pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB-C Autis Pelita Hati Palembang

NURJANAH, INNE (2023) Pengaruh Read Aloud Terhadap Kemampuan Pra-Membaca Pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB-C Autis Pelita Hati Palembang. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (679kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (733kB)
[img] Text (Pengaruh Read Aloud Terhadap Kemampuan Pra-Membaca Pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB-C Autis Pelita Hati Palembang)
LAPORAN HASIL_compressed (6).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (980kB)
[img] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh read aloud terhadap kemampuan pra-membaca pada anak tunagrahita ringan di SLB-C Autis Pelita Hati Palembang. Hipotesis yang di ajukan dalam penelitian imi adalah ada pengaruh read aloud terhadap kemampuan pra-membaca pada siswa tunagrahita ringan di SLB-C Autis Pelita Hati Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif eksperimental. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 6 siswa tunagrahita. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket dan alat ukur berupa modifikasi tes asesmen kemampuan pra-membaca dengan cara penilaian menggunakan skala guttman. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain perlakukan ulang dengan one group pretest-posttest design. Teknik analisis data menggunakan menggunakan program SPSS versi 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode read aloud dalam peningkatan kemampuan pra-membaca pada siswa tunagrahita ringan di SLB-C Autis Pelita Hati Palembang, dimana hasil uji hipotesis (paired sampel t-test) diperoleh t = -40,216 dan p = 0,000 sehingga p < 0,05. Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh read aloud yang sangat signifikan terhadap kemampuan pra-membaca siswa tunagrahita ringan di SLB-C Autis Pelita Hati Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: read aloud, kemampuan pra-membaca, siswa tunagrahita
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 20 Sep 2024 02:27
Last Modified: 20 Sep 2024 02:27
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7985

Actions (login required)

View Item View Item