PERANAN BARISTA DEKULTURE ROASTERY CAFFEE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN REKOMENDASI PELANGGAN

Darmayanti, Erma Agus (2023) PERANAN BARISTA DEKULTURE ROASTERY CAFFEE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN REKOMENDASI PELANGGAN. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (252kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text (PERANAN BARISTA DEKULTURE ROASTERY CAFFEE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN REKOMENDASI PELANGGAN)
LAPORAN HASIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL.pdf

Download (624kB)

Abstract

Coffeeshop telah menjadi sebuah tren budaya baru dalam kehidupan masyarakat, memengaruhi cara orang berinteraksi. Peran penting dalam fenomena ini dimainkan oleh para barista yang menggunakan komunikasi verbal dan non-verbal sebagai penanda kualitas pelayanan mereka kepada pelanggan. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas komunikasi dengan pendekatan humanistik untuk mengamati proses komunikasi para barista, dengan fokus pada lima aspek umum kualitas untuk mencapai komunikasi yang sukses dengan pelanggan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi proses komunikasi interpersonal para barista secara mendalam. Pemilihan subjek penelitian mengikuti teknik purposive sampling yang sesuai dengan kriteria tertentu. Pengumpulan data melibatkan observasi dan wawancara mendalam dengan pemilik kedai kopi dan para barista. Untuk memastikan validitas data, triangulasi digunakan dengan membandingkan temuan dari observasi dengan data wawancara.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi para barista sangat bergantung pada komunikasi interpersonal. Ini terlihat ketika para barista menggunakan bahasa lisan dan bahasa tubuh untuk memulai komunikasi dengan pelanggan, mencerminkan bahwa pelayanan mereka mengikuti prosedur operasional standar (SOP). Seperti dalam setiap proses komunikasi, terdapat hambatan atau rintangan. Hambatan ini menunjukkan bahwa komunikasi barista kadang-kadang kurang efektif, yang dapat menyebabkan ketidakpuasan pelanggan. Namun, dengan mengatasi masalah ini dengan tepat, para barista dapat mengubah ketidakpuasan pelanggan menjadi kepuasan, dan hambatan ini menjadi titik introspeksi bagi para barista untuk meningkatkan pelayanan mereka di masa depan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 20 Sep 2024 08:27
Last Modified: 20 Sep 2024 08:27
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8000

Actions (login required)

View Item View Item