HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL PADA REMAJA DI SMA BINA JAYA KOTA PALEMBANG

Tareja, Ahmad (2024) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL PADA REMAJA DI SMA BINA JAYA KOTA PALEMBANG. Other thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
bab 0.pdf

Download (890kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (319kB)
[img] Text
laporan hasil.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (345kB)
[img] Text
artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)

Abstract

Dukungan sosial dan kompetensi sosial merupakan faktor penting dalam perkembangan remaja. Untuk dapat menjalin hubungan sosial individu mesti memiliki kecapakan dan kompetensi sosial yang baik dalam melakukan interaksi agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya serta dapat menjalani kehidupan yang baik dengan tidak melanggar norma-norma sosial yang ada. Kompetensi sosial dapat diartikan sebagai kemampuan individu yang dipelajari dalam berinteraksi secara efektif sehingga dapat diterima dengan baik di lingkungannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kompetensi sosial adalah dukungan dari lingkungan, termasuk dukungan sosial dari orang tua, guru, dan teman sebaya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial terhadap kompetensi sosial pada remaja di SMA Bina Jaya Kota Palembang. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah simple random sampling, dengan jumlah populasi sebanyak 682 siswa/i dan sample sebanyak 252 siswa/i. Alat ukur yang digunakan adalah skala dukungan sosial dan kompetensi sosial. Analisis data dilakukan dengan mengunakan teknik regresi liner sederhana dengan bantuan SPSS versi 24 for windows menunjukan koefisien korelasi (r) sebesar 0,724 determinasi (R Square) sebesar 0,523 dan P = 0,000. Hasil analisa menunjukan adanya hasil yang sangat signifikan antara dukungan sosial terhadap kompetensi sosial dengan sumbangan sebesar 52.3%. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran dukungan sosial dalam membentuk kompetensi sosial remaja, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan program intervensi sosial yang lebih efektif dalam mendukung perkembangan positif remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Kompetensi Sosial, Remaja, Sekolah.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:58
Last Modified: 11 Nov 2024 07:58
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8281

Actions (login required)

View Item View Item