WESIANDI, AHMAD FAHRI (2025) MEDIA SOSIAL DAN PERILAKU PEMILIH PEMULA PADA PEMILU TAHUN 2024 DI KOTA PALEMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.
![]() |
Text (BAB 0)
BAB 0.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (838kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DP.pdf Download (511kB) |
![]() |
Text (LAPORAN HASIL)
LH.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
L.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan data kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media sosial dan perilaku Pemilih Pemula Pada Pemilu Tahun 2024 di Kota Palembang dan untuk menganalisis faktor apa saja dalam media sosial dan perilaku pemilih pemula Pada Pemilu Tahun 2024 di Kota Palembang dengan menggunakan teknik atau metode observasi, wawancara, dokumentasi dan Triangulasi. Sementara itu yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang merupakan pemilih pemula dalam pemilu tahun 2024. Teori yang digunakan dalam penelitian ini dalah teori The Circular Model of Some menurut Regina Luttrell dalam bukunya social media dan Nuryani S. & Sestiono M dalam teori perilaku. Adapun hasil penelitian ini adalah Media sosial di kota Palembang memang mempengaruhi perilaku pemilih dalam memilih dan menentukan pasangan calon atau pemimpin yang akan dipilih. Media sosial dianggap sebagai wadah untuk mencari informasi dari sumber-sumber terpercaya, berdasarkan hasil wawancara dengan pemilih pemula mereka menganggap media sosial sangat berpengaruh untuk menentukan perilaku mereka dalam memilih layak atau tidak pasangan calon tersebut dipilih, mengingat diera digital yang semakin canggih ini. Hal ini berarti media sosial sebagai perantara yang dapat menjembati antara pemilih pemula dan kandidat pasangan calon untuk lebih mengenal,dan sebagai media diskusi antara Masyarakat lain yang berada di kota yag berbeda. Terdapat beberapa aspek yang ada dalam media sosial dan perilaku pemilih dalam pemilu diKota Palembang yaitu Perilaku pemilih pemula pada pemilu di kota Palembang menunjukkan bahwa mereka cenderung melihat melalui sifat internal seperti penyampaian visi misi yang dipaparkan oleh pasangan calon atau kandidat dipilih melalui media social bukan berdasarkan factor pendorong seperti pendapat atau pandangan yang disampaikan oleh teman atau kerabat yang dapat mempengaruhi perilaku pemilih. Hal ini didasarkan peilaku pemilih pemula sudah lebih pintar dan bijak dalam mencerna informasi yang didapat melalui media social maupun orang lain sebagai factor pendukung untuk berperilaku dalam memilih. Pemilih pemula juga menunjukka semangat idealis dalam mecari calon yang sesuai dengan nilai-nilai mereka. Namun kurangnya pengalaman mereka dalam proses pemilihan dapat menimbulkan perilaku kurang percaya dan lebih memilih tidak memberikan suara.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Perilaku Pemilih Pemula, Pemilu |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Miss Marina Ina |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 04:28 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 04:28 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/9141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |