KUSNAEDI, KUSNAEDI (2023) EVALUASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN DIGITAL (SIPENDI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL HUMAN ORGANIZATION TECHNOLOGY AND TECHNOLOGY-Fit (HOT-FIT) (STUDI KASUS : BAGIAN SISTEM DELIVERY OBAT (SIDEBAT) RSUD SEKAYU MUSI BANYUASIN). Other thesis, Universitas Bina Darma.
![]() |
Text (BAB 0)
0.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
1.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DP.pdf Download (773kB) |
![]() |
Text (LAPORAN HASIL)
LH.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
L.pdf Download (1MB) |
Abstract
RSUD Sekayu Musi Banyuasin adalah salah satu fasilitas penyedia layanan kesehatan di bawah dinas kesehatan pemerintah kota sekayu kabupaten musi banyuasin. RSUD Sekayu menerapkan sistem informasi pelayanan digital seperti Sistem Delivery Obat (SIDEBAT) guna mendukung aktivitas pelayanan kinerja pada rumah sakit terhadap pasien, selain itu SIDEBAT di RSUD Sekayu belum pernah melakukan pengukuran evaluasi terkait dengan keberhasilan penerapan Sistem Informasi Pelayanan Digital Dibagian SIDEBAT. Maka dari itu, peneliti mengusulkan pengukuran evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna sistem SIDEBAT, responden pada penelitian ini berjumlah 85 nantinya jawaban responden tersebut akan di analisis datanya menggunakan perangkat lunak Statistical Package for the Social Sciences (SPSS For Windows 25) yang menguji seluruh aspek yang ada pada kerangka kerja metode HOT-FIT. Model ini berfokus pada 3 aspek yaitu, human, organization dan technology. Ada pun indikator lainnya yang telah ditentukan dalam penelitian ini meliputi kualitas sistem (KS), kualitas informasi (KI), kualitas layanan (KL), pengguna sistem (PS), kepuasan pengguna (KP), struktur organisasi (SO), kondisi fasilitas (KF) dan dukungan pimpinan (DP). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi terhadap keberhasilan sistem SIDEBAT yang sudah diimplementasikan di RSUD sekayu. Hasil dalam penelitian ini dari 9 hipotesis yang dikembangkan dalam penelitian ini, Menunjukan hasil bahwa 8 hipotesis diterima sedangkan 1 hipotesis ditolak. Sedangkan hasil uji T dari variabel independen meliputi tiga variabel seperti human, organization dan technology apakah ada pengaruh terhadap variabel dependen yaitu Net Benefit. Hasil dari aspek variabel X1 (Human) memiliki nilai T hitung (1.280) yang menyatakan bahwa Pengguna Sistem (PS) dan Kepuasan Pengguna (KP) yang tertuang didalam variabel X1 (Human) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (Net Benefit). Kemudian Hasil dari aspek variabel X2 (Organization) vi memiliki nilai T hitung (9.003) yang menyatakan bahwa Struktur Organisasi (SO), Kondisi Fasilitas (KF) dan Dukungan Pimpinan (DP) yang tertuang didalam variabel X2 (Organization) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (Net Benefit) dan hasil dari aspek variabel X3 (Technology) memiliki nilai T hitung (0.565) yang menyatakan bahwa Kualitas Sistem (KS), Kualitas Informasi (KI) dan Kualitas Layanan (KL) yang tertuang didalam variabel X3 (Technology) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (Net Benefit). Sementara itu hasi uji F dengan nilai F hitung (35.319) yang menyatakan bahwa dari ketiga variabel independen X1 (Human), X2 (Organization), X3 (Technology) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel dependen Y (Net Benefit).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Sistem Informasi Pelayanan Digital Dibagian Sistem Delivery Obat (SIDEBAT) Pada Rumah Sakit, HOT- Fit, SPSS. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Miss Marina Ina |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:33 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 04:33 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/9246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |