DESAIN UI/UX PENGELOLAAN SAMPAH SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN SPP TAMAN KANAK-KANAK MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: BANK SAMPAH JUNJUNG BIRRU)

SINTIA, PUTRI (2023) DESAIN UI/UX PENGELOLAAN SAMPAH SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN SPP TAMAN KANAK-KANAK MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: BANK SAMPAH JUNJUNG BIRRU). Other thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text (BAB 0)
0.pdf

Download (930kB)
[img] Text (BAB 1)
1.pdf

Download (379kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DP.pdf

Download (354kB)
[img] Text (LAPORAN HASIL)
LH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
L.pdf

Download (650kB)

Abstract

Sampah merupakan hasil limbah yang dihasilkan setiap hari oleh rumah tangga maupun industri. Tujuan dari tempat pengelolaan sampah seperti bank sampah adalah untuk mendaur ulang sampah untuk meningkatkan nilai ekonomi. Bank Sampah Junjung Birru memiliki program sekolah Tk dimana sampah digunakan sebagai media pembayaran Spp. Namun saat ini di Junjung Birru, proses bisnis yang berlangsung, mulai dari pengumpulan sampah hingga penukaran sampah menjadi media pembayaran Spp masih dilakukan secara manual, yang menyebabkan kurang efisien. Sistem pencatatan sampah yang dikumpulkan oleh siswa setiap hari juga masih menggunakan buku besar, sehingga tidak teratur dan kurang rapi. Maksud dari penelitian ini untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi digital dengan pengelolaan sampah sebagai media pembayaran Spp di bank sampah junjung birru. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain UI/UX menggunakan metode design thinking yang mencakup tahap emphatize, define, ideate, prototype test. Dengan menggunakan design thinking diharapkan dapat memecahkan masalah, dengan cara yang inovatif, efektif pada pengguna dan masyarakat. Hasil dari penelitian ini perancangan desain UI/UX pengelolaan sampah sebagai media pembayaran Spp Tk sebagai hasil rancangan desain awal kedepannya. Peneliti melakukan pengujian dengan 17 respoden melalui usability testing, setelah menguji usability dilakukan penilaian terhadap usability dengan menggunakan Teknik system usability scale. Hasil penilaian ini menunjukkan nilai sebesar 80,5. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perancangan desain UI/UX pembayaran spp menggunakan metode design thinking telah berhasil memberikan solusi bagi permasalahan yang ada sehingga dapat diterima atau valid.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bank sampah, UI/UX, Design Thinking, System Usability Scale.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:18
Last Modified: 08 Jul 2025 03:18
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/9259

Actions (login required)

View Item View Item