PENGARUH PROGRAM PENGEMBANGAN PASAR, HARGA JUAL DAN INFLASI TERHADAP LABA USAHA PADA PERUSAHAAN SEMEN

ROZI, ABD. (2023) PENGARUH PROGRAM PENGEMBANGAN PASAR, HARGA JUAL DAN INFLASI TERHADAP LABA USAHA PADA PERUSAHAAN SEMEN. Masters thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (693kB)
[img] Text (PENGARUH PROGRAM PENGEMBANGAN PASAR, HARGA JUAL DAN INFLASI TERHADAP LABA USAHA PADA PERUSAHAAN SEMEN)
Laporan Penelitian Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text (Artikel Jurnal)
Artikerl Jurnal & LOA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan Pengaruh Program Pengembangan Pasar, Harga Jual dan Tingkat Inflasi Terhadap Laba Usaha Pada Perusahaan Semen (Studi Kasus pada PT Semen Baturaja Tbk) baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Laporan Keuangan PT Semen Baturaja Tbk dan sampel yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah Laporan Keuangan per triwulan PT Semen Baturaja Tbk tahun 2013 - 2022. Jadi total sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 sampel penelitian yang berasal dari 4 triwulan dikali dengan 10 tahun. Analisis data dilakukan dengan bantuan Program Statistical Package for the Social Science (SPSS) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan dari Program Pengembangan Pasar secara parsial terhadap Laba Usaha perusahaan, terdapat pengaruh yang signifikan dari Harga Jual secara parsial terhadap Laba Usaha perusahaan dan terdapat pengaruh yang signifikan dari Tingkat Inflasi secara parsial terhadap Laba Usaha perusahaan. Apabila dilakukan perhitungan secara Bersama-sama atau simultan juga diperoleh hasil pengaruh yang signifikan terhadap Laba Usaha perusahaan. Nilai koefisien determinasinya R Square sebesar 0,525 atau 52,5% variabel Laba Usaha atau hal ini dapat dijelaskan bahwa Program Pengembangan Pasar, Harga Jual dan Tingkat Inflasi memiliki pengaruh sebesar 52,25% sedangkan sisanya sebesar 47,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil penelitian ini, maka disarankan kepada perusahaan untuk tetap mempertahankan posisi sebagai market leader, meningkatkan loyalitas pelanggan dan efisiensi cost. Pada saat perusahaan menaikkan harga jual hal ini memberikan pengaruh positif terhadap laba perusahaan, dimana ketika perusahaan menaikkan harga jual secara tepat hal ini tidak berdampak pada penurunan volume penjualan sebaliknya akan meningkatkan marjin keuntungan. Selain itu juga untuk Program Pengembangan Pasar harus memperhatikan keberlanjuatan pasar dengan cara memperluas area pemasaran di daerah-daerah pengembangan untuk memperluas wilayah pemasaran perusahaan dan meningkatkan market share perusahaan dengan memaksimalkan Program Inisiatif 3 Gajah Stream Strengthen Market Positioning. Pada saat terjadi Inflasi yang dapat mempengaruhi melemahkan daya beli konsumen dan menyebabkan naiknya harga beli biaya memproduksi semen, perusahaan sukses melakukan strategi efisiensi cost melalui Inisiatif 3 Gajah Stream Cost Leadership sehingga hal ini justru meningkatkan laba usaha perusahaan. Kata kunci : Program Pengembangan Pasar, Harga Jual, Tingkat Inflasi, Laba Usaha

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:43
Last Modified: 26 Jun 2024 04:43
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7456

Actions (login required)

View Item View Item