PENGARUH MEDIA PERMAINAN PASIR KINETIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS 2 SDLB-C1 DI SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

WASIH, WALIYA (2023) PENGARUH MEDIA PERMAINAN PASIR KINETIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS 2 SDLB-C1 DI SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG. Other thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
bab 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (381kB)
[img] Text
laporan hasil.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (350kB)
[img] Text
artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

Media permainan pasir kinetik merupakan salah satu media pembelajaran yang disenangi banyak anak sehingga menarik perhatian jika diterapkan pada pembelajaran dikelas. Media pembelajaran ini bertujuan untuk memotivasi semangat belajar khususnya pada kemampuan motorik halus anak tunagrahita sedang kelas 2 SDLB-C1 di SLB-B Negeri Pembina Palembang. Selain itu juga, media pembelajaran pasir kinetik dapat menambah percaya diri anak, mengekspresikan diri, dan kemampuan fisik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah quasy eksperimen design dengan jenis time-series design, metode ini untuk pemahaman tentang bagaimana intervensi mempengaruhi jalannya perkembangan variable terikat sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa tunagrahita sedang kelas 2 SDLB-C1 di SLB-B Negeri Pembina Palembang yang mengalami kemampuan menulis permulaan yang masih harus dibimbing. Dalam penelitian ini untuk mengukur perkembangan suatu kelompok eksperimen dengan aspek dari adaptasi sumber teori peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia nomor 137 tahun 2014. Adapun hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa ada perbedaan kemampuan menulis permulaan dimana nilai mean dari posttest Me = 85,41 > pretest Me = 29,76. Terdapat peningkatan dalam skor posttest setelah diberi treatment media permainan pasir kinetik dibandingkan dengan skor pretest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media permainan pasir kinetik terhadap kemampuan menulis permulaan pada anak tunagrahita sedang kelas 2 SDLB-C1 di SLB-B Negeri Pembina Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pasir Kinetik, Tunagrahita Sedang, Kemampuan Menulis Permulaan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 13 Nov 2024 08:33
Last Modified: 13 Nov 2024 08:33
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8306

Actions (login required)

View Item View Item